Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Srikandi DPRD Ini Ingatkan Semua Pihak Terus Jaga Keberadaan Satwa Langka di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Mei 2022 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Srikandi DPRD Kalteng, Ina Prayawati mengingatkan semua pihak termasuk masyarakat agar dapat terus menjaga keberadaan satwa langka.

Dia menyebut keberadaan bebagai habitat satwa langka yang berasal dari provinsi ini harus dapat diletarikan supaya tidak punah. Dan dalam upaya melestarikannya memerlukan peran semua pihak baik pemerintah serta masyarakat.

"Peran kita semua dalam upaya melestarikan habitat satwa langka sangat dibutuhkan dan keberadaannya perlu dilindungi, karena itu juga merupakan salah satu kekayaan alam yang kita miliki," ujarnya, Senin, 23 Mei 2022.

Dia mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memburu berbagai satwa langka yang ada di Kalteng. Oleh karenanya, hal itu agar bisa menjadi perhatian pemerintah melalui instansi terkait untuk menertibkannya.

"Perburuan satwa langka harus dapat ditertibkan, karena hal itu dapat mengakibatkan punahnya satwa langka yang kita miliki. Satwa yang tergolong langka itu dilindungi undang-undang, jika terdapat yang memburunya harus disanksi," ujarnya.

Dikatakannya untuk Kalteng sendiri begitu banyak memiliki berbagai golongan satwa langka, baik itu beruang madu, orang utan, macan dahan, kucing hutan, burung tingang atau enggang, dan lain-lain yang perlu dijaga serta dilestarikan keberadaannya.

"Kita juga patut mengapresiasi masyarakat yang telah patuh dalam menjaga keberadaan satwa langka yang dilindungi di Kalteng ini. Harapan kita semua pihak juga masyarakat supaya bisa terus berperan turut serta menjaga dan melestarikan satwa langka yang ada di provinsi ini," pungkasnya. (DONNY D)

Berita Terbaru