Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelatihan Mutu dan Keamanan Pangan Mampu Turunkan Angka Stunting

  • Oleh Trisno
  • 25 Mei 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemerintah Kabupaten Murung Raya menggelar pelatihan mutu dan keamanan pangan bagi sejumlah kelompok warga tani sebagai kebutuhan dasar bagi kelangsungan hidup manusia yang berlangsung dilaksanakan di aula Dinas Ketahanan Pangan Murung Raya.

Tersedianya pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam upaya mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas.

“Menurut hasil penelitian ahli hampir 90 persen penyakit yang di derita oleh manusia ada hubungannya dengan makanan yang di konsumsi kita menjadi pemicu penyakit-penyakit seram seperti diabetes atau jantung,” Ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya Hermon saat membacakan sambutan Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph

Dijelaskan upaya penyediaan pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi bagi masyarakat tersebut, tentunya harus melibatkan masyarakat itu sendiri. 

Kadis Ketahanan Pangan Murung Raya M. Syahrial Pasaribu menyampaikan, tujuan pelatihan mutu dan keamanan pangan ini guna meningkatkan pengetahuan tentang bahaya dan resiko pangan yang tidak memenuhi persyaratan keamanan pangan, meningkatkan peran serta berbagai pihak.

Lebih lanjut dikatakan Syahrial Penyediaan pangan yang cukup dengan harga yang terjangkau dapat menggalakkan penganekaragaman konsumsi pangan lokal yang mampu mengatasi kerawanan pangan berakibat tingginya angka stunting serta mampu menciptakan pola makan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dalan penekanan angka stunting.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Sunarti menuturkankeamanan pangan masyarakat berbahan baku pemanfaatan lokal masyarakat harus mengikuti cara dan tahapan dalam pengelolaan makanan yang bergizi. (Trs)

Berita Terbaru