Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kades Haringen Ungkap Kerugian Pemdes dan Masyarakat Akibat Bencana Banjir

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Mei 2022 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Desa Haringen, Yasen memaparkan kerugian yang dialami pemerintah desa maupun masyarakat secara pribadi akibat banjir yang menerjang desa pada 26-27 Mei 2022.

Menurutnya aset pemerintah desa yang rusak yakni jembatan ulin yang dibangun dengan Dana Desa sekitar Rp185 juta pada 2020, kemudian lemari berkas 2 buah, laptop 1 buah serta laporan pertanggungjawaban atau LPj 2018-2021.

"Untuk perbaikan jembatan tersebut kami akan segera melakukan musyawarah desa, sedangkan berkas LPj yang rusak kami akan laporkan ke inspektorat," ujar Yasen didampingi Babinsa Haringen, Koptu L Chrisdawetis, Senin, 30 Mei 2022.

Sedangkan kerugian pada harta atau milik masyarakat yakni unggas 153 ekor, babi 3 ekor, sarang madu kelulut 150 kotak, serta ikan yang tak terhitung jumlahnya dari 10 buah kolam.

Untuk mengantisipasi adanya bencana banjir serupa pada tahun-tahun berikut, Yasen berharap pemerintah daerah melakukan normalisasi Sungai Sirau.

"Selain diperlebar, sungai itu juga harus dikeruk karena saat ini mengalami pendangkalan akibat lumpur yang terbawa dari aktivitas pertambangan," jelasnya.

Kades menjelaskan, jika pemerintah daerah tidak melakukan normalisasi maka sekalipun curah hujan cuma sebentar dapat menyebabkan banjir akibat sungai yang dangkal.

"Setiap tahun kami juga selalu mengusulkan pembuatan bronjong untuk menahan longsor pada lima titik yang terletak di RT 01 dan 02. Mudah-mudahan bencana Banjir ini membuat usulan kami yang sudah disampaikan berulang-ulang dapat diperhatikan oleh pemerintah daerah," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru