Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terjadi Pertumbuhan Awan Hujan Signifikan di Kotim

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 09 Juni 2022 - 10:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur, berpotensi diguyur hujan sepanjang hari. Pasalnya berdasarkan informasi per awanan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terdapat pertumbuhan awan signifikan di wilayah itu.

"Berdasarkan informasi per awanan citra satelit Himawari-8 Infrared Red Enhanced pukul 07.00 menunjukkan terdapat pertumbuhan awan signifikan di wilayah Kotawaringin Timur," ungkap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Kamis, 9 Juni 2022. 

Demikian halnya dengan prakiraan curah hujan dalam 24 jam ke depan berdasarkan Weather Research Forecasting Data Assimilation berpotensi hujan ringan hingga sedang di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Meski demikian, pada Rabu, 8 Juni 2022, masih ada terdeteksi titik panas di Kotawaringin Timur. Titik panas terdeteksi di Kecamatan Mentaya Hulu. 

Selain Kabupaten Kotawaringin Timur, titik panas juga terdeteksi di Kabupaten Katingan, yakni di Kecamatan Pulau Malam sebanyak 1 titik panas. 

"Kalau kemudahan terjadinya kebakaran ditinjau dari analisa parameter cuaca di Kalimantan Tengah, Kotim cenderung aman," ujarnya. 

BMKG juga mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi hujan deras hingga disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di kabupaten itu. (USAY NOR RAHMAD/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru