Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Kalteng Evakuasi Bayi Orangutan Temuaan Warga Kapuas

  • Oleh Apriando
  • 12 Juni 2022 - 12:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan evakuasi terhadap seekor bayi Orangutan di Desa Lahei, Kecamatan Mentangai, Kabupaten Kapuas. 

Kepala BKSDA Kalteng, Nur Patria Kurniawan mengatakan bayi orangutan berjenis kelamin betina tersebut merupakan temuan dari warga. Pada saat ditemukan bayi orangutan yang diberi nama Temon ini bersuara lirih dan didengar oleh warga.

"Setelah satu bulan lamanya dirawat, seorang warga yang menemukannya langsung menghubungi BKSDA Kalteng. Laporan ini langsung kami tindaklanjuti dengan mendatangi rumah warga tersebut pada Rabu pagi 8 Juni," kata Nur Patria Kurniawan saat dikonfirmasi oleh Borneonews, Minggu, 12 Juni 2022

Setelah dilakukan evakuasi Temon kemudian dilakukan perawatan. Temon berumur sekitar 1 tahun dan pada saat ini sudah dalam keadaan yang sehat di BOSF Nyaru Menteng. Ia 'disekolahkan' agar nantinya siap kembali ke habitatnya.

Nur mengharapkan agar Temon kelak dapat dapat mencari makanan, bertahan hidup serta serta berkembang biak agar bisa kembali berkumpul bersama Orangutan lainnya di habitat aslinya.

BKSDA Kalimantan Tengah mengajak masyarakat yang ingin menyerahkan satwa dilindungi, ditemukan atau dipelihara dapat menghubungi kontak BKSDA Kalteng.

"Mari kita jaga kelestarian alam dan ekosistemnya, masyarakat dapat langsung menghubungi call center BKSDA Kalteng di 08115218500, jika menemukan atau ingin menyerahkan Satwa dilindungi,” imbuhnya. (APRIANDO/B-11)

Berita Terbaru