Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Barito Timur Pertahankan Habitat Ikan dengan Rumput Gelagah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Juni 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur berupaya mempertahankan kelestarian habitat ikan dengan menanam rumput gelagah atau kumpai.

“Pada bulan Juni 2022 ini kami menanam kumpai di perairan umum di Desa Kalinapu Kecamatan Paju Epat,” terang Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Barito Timur Mishael, Rabu, 15 Juni 2022.

Dia menjelaskan, penanaman rumput gelagah merupakan program Dinas Perikanan dan Perternakan tahun anggaran 2022. Mishael menuturkan, pada tahap pertama, sebanyak 200 ikat rumput gelagah yang telah ditanam, selanjutnya pada tahap berikutnya juga ditanam dengan jumlah yang sama.

Penanaman rumput gelagah, lanjut dia, bertujuan untuk menjaga atau melestarikan habitat asli ikan di perairan Desa Kalinapu Kecamatan Paju Epat.

“Dengan tetap terjaga habitatnya, maka ikan akan cepat dan mudah berkembang biak secara alami. Karena dengan keberadaan rumput di perairan atau sungai bisa menjadi tempat pemijahan atau tempat menempelnya telur ikan saat berkembang biak,” papar Mishael.


Selain itu, penanaman rumput gelagah juga membantu membersihkan sungai dari limbah karena rumput gelagah bisa berfungsi menyerap air yang bercampur dengan kotoran atau lumpur.

“Kumpai berfungsi sebagai tempat berlindung bagi ikan dari serangan predator serta tempat ikan berlindung dari aktivitas penyetruman,” jelas Mishael. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru