Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gencarkan Pencegahan Peredaran Narkoba Hingga Tingkat Kecamatan dan Desa

  • Oleh Donny Damara
  • 17 Juni 2022 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta kepada aparat kepolisian, terutama BNN supaya dapat menggencarkan pencegahan peradaran narkoba hingga ketingkat kecamatan dan desa.

Hal ini perlu menjadi atensi pihak-pihak terkait penegak hukum untuk memperhatikannya mengingat peredaran narkoba saat ini sudah semakin meluas bahkan menyasar ketingkat kecamatan maupun desa-desa, dan hal itu sangat mengkhawatirkan.

"Anak-anak muda kita di desa harus dijaga dari penyalahgunaan narkoba, karena itu sangat membahayakan dan bisa merusak kesehatan bahkan kehidupannya kedepan. Terlebih mereka yang putus sekolah sangat rawan terjerumus menggunakan narkoba," ucapnya, Jumat 17 Juni 2022.

Narkoba merupakan musuh bersama yang harus diperangi. Oleh sebab itu dalam upaya mencegah peredaran narkoba jangan hanya mengandalkan aparat penegak hukum saja, akan tetapi masyarakat secara umum juga perlu berperan aktif.

"Masyarakat dapat melaporkan jika mengetahui ada pengedar atau yang menggunakan narkoba, sehingga nantinya aparat penegak hukum dapat memproses hal itu. Peran aktif masyarakat luas hingga RT/RW sangat perlu dalam upaya mencegah peredaran narkoba dilingkungan masing-masing," ujarnya.

Di sisi lain agar upaya pencegahan tersebut dapat berjalan maksimal, ia menyarankan supaya BNN dapat menerjunkan atau mengaktifkan anggotanya di tingkat kecamatan. 

Selain memantau peredaran narkoba, anggota ini nantinya juga bisa saling bersinergi dengan masyarakat guna memerangi narkoba di kecamatan atau desa.

"Sosialisasi atau edukasi bahaya narkoba ini juga perlu lebih digencarkan hingga menyasar wilayah terpencil atau desa. Upaya pencegahan tidak hanya pemberantasan saja, tapi juga bahaya penyalahgunaan narkoba itu perlu disampaikan kepada masyarakat. Harapan kita, dengan adanya upaya-upaya atau langkah itu masuarakat atau generasi muda kita dapat terlindungi," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru