Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukabumi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Memeras dan Mengancam Sebarkan Foto Setengah Badan Tanpa Busaha, Pelaku Kini Jalani Proses Hukum

  • Oleh Apriando
  • 17 Juni 2022 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tiga orang perempuan berinisial RA, SA dan NA menjalani proses hukum akibat perbuatannya yang diduga melakukan pemerasan berikut pengancaman melalui media sosial Instragram. Pengancaman itu yakni akan menyebarkan foto separuh badan tanpa busaha, jika korban berinisial SI tidak mengirimkan sejumlah uang. 

"Saya mendapat pemerasan ancaman di media sosial Instagram pada bulan November. Mereka mengancam akan menyebarkan foto saya setengah badan tidak menggunakan busana dan meminta uang Rp 3.500.000," kata saksi korban saat memberikan keterangan pada sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Palangka Raya, Jumat, 17 Juni 2022.

Korban mengakui, pengancaman tersebut dalam jangka waktu yang cukup panjang dengan bentuk akan menyebarkan foto ke keluarga, teman dan media sosial.

"Saya merasa terganggu, sempat datang ke psikolog dan perlindungan anak dan perempuan Kota Palangka Raya," ungkap korban saat ditanya oleh Jaksa Penuntut Umum.

Pada sidang yang dipimpin oleh majelis hakim Syamsuni, ketiga terdakwa RA, SA dan NA meminta maaf langsung kepada korban.

"Saya meminta maaf," ucap para terdakwa sembari mengusap air matanya.

Dalam dakwaan jaksa, perkara bermula pada bulan Maret 2021. NA menjadi fotografer acara pernikahan keluarga. Karena memori kamera penuh, ia meminjam kartu memori korban.

Pada Agustus 2021, NA menyadari bahwa dalam kartu memori tersebut banyak foto korban tanpa busana. Dia kemudian memberitahu RA. “Kalau mau lihat nanti aja pas di rumah,” undang NA.

Kemudian, pada November 2021, NA bersama RA dan SA berkumpul di cafe, lalu membahas foto korban. “Gimana kalau kita kerjain pakai foto ini,” usul RA yang disetujui kedua rekannya.

RA membuat grup beranggotakan mereka bertiga. Dalam grup tersebut, saling berkomunikasi dan memudahkan ketiganya membuat rencana untuk mengancam dan memeras menggunakan foto tanpa busana. RA mengusulkan dengan nada “Bisa kirim uang lah senilai berapa kaya itu buat nutup mulut kaya itu” ucap RA dalam chat.

Selanjutnya, NA melalui akun Instagramnya mengirim pesan kepada korban yang intinya meminta uang sebagai tutup mulut, namun tidak terkirim.

Berita Terbaru