Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Kali Satpol PP Tertibkan Pengemis Asal Balangan Berjarak 92 Km, Mungkinkah Teroganisir

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Juni 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Untuk keduakalinya petugas Satpol PP Kabupaten Barito Timur menertibkan pengemis asal Kabupaten Balangan Kalsel yang berjarak sekitar 92 kilometer dari Pasar Beringin Ampah tempat dilakukan penertiban.

Pada Jumat, 17 Juni 2022, petugas menertibkan seorang laki-laki pengemis. Dari mulutnya petugas mendapatkan pengakuan bahwa masih ada beberapa temannya dari Balangan yang juga mengemis di Pasar Ampah Kecamatan Dusun Tengah. Kemudian jadwal pasar mingguan hari ini petugas kembali menyisir Pasar Ampah dan menjaring 3 orang pengemis dan pengamen yang juga berasal dari Balangan.

Dilihat dari asal daerah yang sama diduga para pengemis ini terorganisir atau paling tidak berangkat berombongan dari Balangan. Namun saat dikonfirmasi Kasatpol PP Barito Timur, Ari Panan P Lelu belum bisa memastikan dugaan tersebut.

"Belum tahu persis, tapi kami akan berkoordinasi dengan Kasatpol PP di sana (Balangan) nanti," janjinya kepada Borneonews usai penertiban pengemis di Pasar Ampah, Jumat, 24 Juni 2022.

Pada penertiban hari ini petugas juga menemukan uang ratusan ribu rupiah hasil mengemis dari warga Balangan yang terjaring.

"Total dari uang pecahan Rp5.000 dan Rp10.000 ada Rp550.000 sedangkan pecahan Rp2.000 tidak dihitung oleh petugas karena uangnya banyak. Kami menghitung juga untuk kepentingan pendataan saja, uangnya langsung dikembalikan ke yang bersangkutan," kata Kasatpol PP.

Dengan hasil sebesar itu, jika tidak terjaring penertiban diduga para pengemis itu bisa menghasilkan lebih dari Rp1 juta dalam sekali kegiatan pasar mingguan.

"Kepada pengemis dan pengamen (2 laki-laki dan 2 perempuan) yang terjaring tersebut, petugas memberikan peringatan tegas  serta membuat surat pernyataan tidak mengulangi aktivitas mengemis dan mengamen di wilayah Barito Timur," jelas Ari Panan. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru