Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SSMS akan Gali Potensi Pulau Salat Kembangkan Ekowisata

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Juni 2022 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Perseroan PT SSMS Tbk, M Syafril Harahap mengatakan bahwa dalam waktu dekat SSMS akan menggali potensi sumber daya Pulau Salat untuk mengembangkan ekowisata.

"Kami berencana untuk mengajak masyarakat Pulang Pisau mengembangkan ekowisata dengan unsur edukasi dan pemeliharaan kawasan," kata Syafril pada Selasa, 28 Juni 2022.

Sehingga, lanjutnya, dengan adanya pengembangan tersebut diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar

"Supaya masyarakat sekitar juga banyak terlibat dalam melestarikan lingkungan," tuturnya lagi.

PT Citra Borneo Indah atau CBI melalui PT Sawit Sumbermas Sarana atau SSMS membuat pulau sendiri seluas kurang lebih 2.000 hektare yang dinamai Pulau Salat untuk kawasan konservasi dan  mengelola area itu untuk pra pelepasliaran individu orang utan. Pulau Salat ini berada di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah yang khusus diperuntukkan bagi individu orangutan sebelum bisa dilepasliarkan ke habitatnya. Meski demikian, tak jarang juga ditemukan ada monyet ekor panjang, kera, bahkan ular dan hewan lainnya yang bisa hidup secara alami di pulau tersebut.

"Pulau Salat memiliki daya dukung ideal berupa kawasan hutan alam dan hutan terisolasi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Luasnya mencapai 1.437,7 hektar sesuai izin lokasi PT SSMS dari total luasan izin 2.400 Ha ditambah izin lokasi BOSF seluas 800 Ha," jelasnya lagi.

Total Orangutan yang pernah mendiami Pulau Salat sebanyak 93 individu.(TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru