Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Menara BTS Diharapkan Percepat Pengentasan Blankspot di Pelosok

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 29 Juni 2022 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Hingga saat ini, masih terdapat 56 titik blankspot di Kabupaten Lamandau. Tak hanya di daerah pelosok, di sekitar Nanga Bulik sebagai ibu kota kabupaten juga mengalaminya.

"Sementara, 34 titik sudah terkoneksi jaringan komunikasi namun belum dapat memperoleh sinyal 4G/LTE," sebut Kadis Kominfo Lamandau, Ganti Phaing Kanisa saat audiensi dengan pihak penyedia jasa pembangunan Base Transceiver Station (BTS), Rabu, 29 Juni 2022.

Pihaknya berharap, pembangunan menara BTS baru tidak hanya sebatas di pusat kecamatan, tetapi juga dilakukan di daerah pelosok terpencil. Sehingga masyarakat dapat menikmati layanan penyedia jaringan.

"Saya harap pembangunan menara BTS ini bisa terealisasi, pemerintah siap dukung," tegasnya.

Ia juga berharap, pembangunan BTS ini dapat berlangsung dengan baik. Ia-pun meminta dukungan masyarakat supaya pembangunan itu dapat berjalan dengan lancar demi mempercepat upaya pengentasan blankspot.

Dalam audiensi, terdapat dua poin pembahasan yang ditekankan, diantaranya mengenai lokasi tower yang masuk dalam kawasan kehutanan, serta membahas sewa lahan tempat BTS yang akan di bangun.

Sementara itu, lokasi pembangunan BTS tersebut akan dilaksanakan di Kecamatan Belantikan Raya di Desa Sungai Buluh. Kecamatan Bulik Timur di Desa Batu Tunggal, Desa Merambang, Desa Pedongatan, Desa Sungkup, Desa Toka. Kecamatan Bulik yang meliputi Desa Nanga Pamalontian. Kecamatan Lamandau di Desa Suja serta Kecamatan Menthobi Raya di Desa Lubuk Hiju.

Menanggapi rencana tersebut, Salomo selaku Plt Kades Lubuk Hiju menyampaikan jika keberadan jaringan seluler sangat dirindukan masyarakat desa yang saat ini dipimpinnya.

"Bahkan warga kami siap menunda pembayaran sewa lahan agar tower tetap dapat berdiri demi masuknya jaringan telekomunikasi di desa Lubuk Hiju," tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru