Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Dorong Digital Marketing Hasil Pertanian

  • Oleh Hendri
  • 04 Juli 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya mendorong terwujudnya pemasaran secara online atau digital marketing hasil pertanian. Dengan acara ini, para petani bisa mendapatkan lebih banyak untung ketimbang penjualan ke pengepul.

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah daerah menggandeng Universitas Muhammadiyah melalui program pengabdian masyarakat dengan menggelar pelatihan digital marketing kepada kelompok wanita tani Hayak Tamara.

Dia menjelaskan, salah satu permasalahan yang dihadapi petani sekarang ini adalah pemasaran hasil produksi. Petani bisa saja mendapatkan pedagang atau pengumpul, mereka mendatangi petani saat panen dan tidak perlu menjual ke pasar.

Namun hal ini membuat petani tidak dapat menentukan harga lebih dan keuntungannya minim. Hal ini menyebabkan petani yang hasil produksinya sangat baik pendapatannya masih rendah dan hasilnya petani sulit untuk menaikkan perekonomiannya.

"Oleh sebab itu, teknologi yang sekarang ini harus juga kita terapkan kepada petani, agar hasil produksi mereka bisa dikenal oleh masyarakat luas, bukan hanya di sekitar daerah saja tapi keluar pulau juga," katanya, Senin, 4 Juli 2022.

Ia menuturkan, dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi perlu kolaborasi dan sinergi berbagai pihak. Sebab kolaborasi dan sinergi merupakan kunci dari pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

"Kepada Universitas Muhamadiyah saya sampaikan terima kasih atas terselenggaranya pelatihan digital marketing. Pelatihannya sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian petani," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru