Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Transmigrasi ke Wilayah Kalteng di Moratorium Pemerintah Pusat

  • Oleh Donny Damara
  • 06 Juli 2022 - 06:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, Sriosako mengungkapkan program transmigrasi ke wilayah Kalimantan Tengah untuk saat ini di moratorium oleh pemerintah pusat.

Hal itu diketahuinya saat menggelar pertemuan bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi beberapa waktu lalu.

"Dari informasi yang kami dapatkan, moratorium ini diambil karena lokasi untuk transmigrasi itu sudah tidak ada khususnya di Kalteng karena masuk dalam kawasan hutan," ungkapnya, Selasa, 5 Juli 2022.

Dijelaskannya permasalahan lokasi transmigrasi terutama di wikayah Kalteng menjadi kendala dan hal itulah yang menyebabkan program tersebut tidak dapat dilaksanakan atau di moratorium hingga waktu yang tidak dapat ditentukan.

Sejauh ini sudah ada beberapa daerah di wilayah Kalteng yang mengajukan program transmigrasi, tapi usulan tersebut masih belum mendapatkan lampu hijau atau belum disetujui oleh kementerian.

"Daerah yang mengusulkan itu salah satunya Kabupaten Gunung Mas, tapi usulan tersebut belum disetujui. Apalagi anggaran dari kementerian turun drastis, karena tidak ada lagi proyek untuk membangun transmigrasi baru," terangnya.

Meski memiliki dampak positif, ia juga menyampaikan sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, khususnya terkait pro dan kontra di kalangan masyarakat mengenai program itu.

"Sebagai legislatif, kami juga mendapat ataupun menampung aspirasi dari masyarakat Kalteng. Jadi, kami hanya menyampaikan apa adanya saja, karena program itu pasti ada pro dan kontranya. Meski di moratorium program transmigrasi ini masih ada yang jalan, hanya saja dipusatkan ke program food estate," tukasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru