Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Minta Pemda Dukung Peningkatan Kualitas Kebun Karet Masyarakat

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Juli 2022 - 14:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Ina Prayawati meminta kepada pemda melalui instansi terkait supaya dapat mendukung peningkatan kualitas kebun karet masyarakat.

Pemda harus dapat memperhatikan hal tersebut dan membantu masyarakat dalam upaya meningkatan hasil produksi karet yang memiliki kualitas sehingga akan berdampak dari penjualan yang mudah diserap pasar.

"Komoditas karet ini kan banyak kegunaannya jika sudah sampai pabrik pengolah. Jadi, biar nantinya mudah diserap pasar hasil karet petani ini harus berkualitas, tentu peran pemerintah sangat penting mendukung hal itu," tuturnya, Sabtu, 23 Juli 2022.

Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas karet para petani, menurutnya pemda dapat melakukan berbagai langkah seperti pelatihan, memberikan bantuan obat atau vitamin yang bisa menambah kulitas getah karet atau semacamnya.

Dia mengingatkan petani ini agar dapat senantiasa menjaga kualitas produksi karet, jangan sampai berbuat curang dengan melakukan berbagai hal macam-macam seperti menambah batu maupun tanah kedalam bongkahan karet yang akan dijual.

Pasalnya, hal itu akan berdampak terhadap kepercayaan atau tidak dapat diserap pasar dengan mudah. Karena, dengan berlaku curang tentu hal ini bisa menurutkan kualitas dari karet itu sendiri, sehingga merugikan bagi semua pihak.

"Sebenarnya hasil karet di Kalteng ini sudah cukup baik hanya saja masih ada oknum yang berlaku curang, harapan kita hak itu jangan sampai terjadi lagi. Peran pemerintah juga sangat diharapkan guna untuk meningkatkan kualitas karet para petani di provinsi ini," imbuhnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru