Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diminta Terus Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM Muda Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Juli 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering meminta pemda supaya dapat terus berupaya meningkatkan kualitas dan daya saing SDM muda yang ada di wilayah Kalteng. Upaya bisa dilakukan melalui kegiatan sekolah berbasis kedinasan.

Menurut Freddy, dengan menghidupkan kembali kegiatan sekolah berbasis kedinasan, tidak hanya memacu semangat dari para generasi muda, melainkan juga menjadi sarana dalam mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan dengan memasuki akademi berbasis kedinasan seperti AKMIL, AKPOL serta IPDN.

"Menghidupkan kembali kegiatan sekolah berbasis kedinasan merupakan hal positif bagi pengembangan SDM muda di Kalteng. ini juga merupakan harapan dari masyarakat kita, agar daerah bisa membentuk calon pemimpin yang berkualitas melalui akdemi kedinasan itu," ujarnya, Rabu, 27 Juli 2022.

Dia menjelaskan, didalam pelaksanaannya ia juga meminta agar setiap sekolah di tingkat SMA atau SMK untuk bisa berinovasi dalam satuan pendidikan masing-masing dengan menyematkan kegiatan sekolah berbasis kedinasan baik dari penerapan kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler.

Selain itu, pemerintah bersama instansi atau lembaga terkait agar dapat meningkatkan kuota penerimaan putra dan putri daerah di akademi berbasis kedinasan. Pasalnya, selama ini kuota penerimaan untuk putera daerah Kalteng di akademi berbasis kedinasan sangat minim.

"Kita ketahui sendiri kuota penerimaan untuk putera-puteri daerah Kalteng baik di AKMIL, AKPOL maupun IPDN sangat sedikit. Sehingga, kami harapkan ada penambahan kuota penerimaan oleh instansi atau lembaga terkait," ucapnya.

Dengan begitu, sambung dia generasi muda Kalteng bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum dibukanya penerimaan di akademi berbasis kedinasan tersebut, melalui sejumlah kegiatan sekolah berbasis kedinasan yang dilakukan di sekolahnya masing-masing. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru