Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkuat Pencegahan Karhutla Mulai Tingkat Tapak

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 31 Juli 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo menyampaikan pemerintah kabupaten/kota membentuk satgas pengendalian Karhutla sampai tingkat kelurahan/desa.

“Satgas pencegahan Karhutla kabupaten/kota memperkuat upaya pencegahan Karhutla di tingkat tapak seperti sosialisasi, diseminasi dan pendampingan pembukaan lahan tanpa bakar,” sebut Edy seperti dikutip dari MMC Kalteng baru baru ini.

Ia mengungkapkan Pemprov Kalteng bersama dengan pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng telah sepakat mengambil langkah-langkah strategis dan konkret terkait pengendalian Karhutla.

Termasuk didalamnya ada pelatihan serta patroli bersama. Penentuan status kesiagaan dan darurat Karhutla dengan cepat dan tepat oleh pemerintah kabupaten dan kota untuk dasar provinsi menetapkan status.

Kemudian pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar hutan, optimalisasi restorasi gambut, pemantapan personil dan peralatan dan penyediaan anggaran.

Terkait anggaran tersebut penyediaan anggaran ada tiga sumber melalui APBD Provinsi Kalteng dari APBD Murni dan DBH-DR.

Kemudian ada anggaran belanja tidak terduga, dan dana tugas pembantuan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM). (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru