Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Temuan Tengkorak Manusia di Desa Pasir Panjang, Begini Hasil Forensik

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Agustus 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim Inafis Polres Kobar dan dokter Forensik di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun telah melakukan pemeriksaan atas temuan tengkorak di Jalan Teratai II RT 04 Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Berdasarkan hasil pemeriksaan forensik, diketahui jika tengkorak dan kerangka manusia yang ditemukan dalam karung itu diduga kuat berjenis kelamin perempuan. Kisaran usianya antara 15 sampai 25 tahun.

"Hasilnya, bisa kami sampaikan bahwa itu tengkorak manusia. Terdiri dari satu individu diduga berjenis kelamin perempuan, dengan perkiraan umur 15 - 25 tahun," kata dokter forensik dr Erianto, Jumat, 5 Agustus 2022.

Lebih lanjut, dr Erianto mengungkapkan, lama kematian sosok dibalik tengkorak misterius ini diperkirakan sudah lebih dari 3 bulan. Saat ini, keberadaan tengkorak masih disimpan di rumah sakit.

"Lama kematian 3-6 bulan. Tengkorak ada di kamar jenazah RSUD Sultan Imanuddin, menunggu pihak penyidik," ucap dia.

Erianto juga menjelaskan, sosok dibalik tengkorak ini tewas diduga akibat hantaman benda tumpul di kepala. Sebab, ditemukan bekas kekerasan.

"Diduga ada trauma benda tumpul di tengkorak kepala," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tengkorak ditemukan oleh warga saat sedang menyemprot lahan di Jalan teratai II RT 04 Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu, 3 Agustus 2022 sekitar pukul 14.30 WIB.

Warga bernama Nuryadin saat itu sedang bekerja menyemprot rumput di lahan milik Aslim. Ia tak menyangka melihat ada tengkorak manusia, sementara bagian tulang belulang yang lain berada di dalam karung dan tertimbun semak belukar yang mengering.

Selanjutnya, ia melaporkan ke Ketua RT setempat bernama Supardi, berikutnya, peristiwa dilaporkan ke kepolisian.

Beberapa barang lain juga ditemukan di dekat karung berisi tulang belulang tersebut, yakni satu kalung dengan tali berwarna hitam dan terdapat mata kalung dengan bentuk segi empat. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru