Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dirjen Bina Keuda Kemendagri: UPT PPD Kalteng agar Berinovasi Optimalkan Pajak Kendaraan Bermotor

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Agustus 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam upaya menggali potensi pendapatan daerah terutama dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB) tentu kerap ditemui berbagai permasalahan.

Terlebih lagi seperti halnya Kalteng yang jangkauan wilayahnya cukup luas. Sehingga Dirjen Bina Keuda Kemendagri RI, Agus Fathoni mendorong Unit Pelaksana Teknik Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPT PPD) Kalteng untuk terus berinovasi dalam rangka mengoptimalkan PKB tersebut.

"Wilayah Kalteng ini cukup luas sehingga berbagai kendala kerap ditemui dalam upaya menggali potensi dari sektor pajak PKB ini. Jadi perlu inovasi atau strategi untuk mengoptimalkannya," kata Agus Fathoni pada saat mengunjungi Samsat Palangka Raya, baru-baru ini.

Dikatakannya, adapun strategi yang dapat dilakukan yaitu seperti melakukan atau memperbanyak pelayanan jemput bola yang bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan mengoptimalkan pelayanan online serta melakukan sosialisasi secara masif.

Selain itu juga, dapat mengajukan formasi pegawai khusus yang menangani pajak dan melakukan pelatihan bimtek dibidang perpajakan dan administrasi keuangan, supaya pendapatan daerah dari PKB dapat dioptimalkan dan pelayanan yang dimiliki berjalan baik.

"Kemudian penerapan secara konsisten reward dan punishment serta gencar melakukan sosialisasi pada berbagai kesempatan perlu dilakukan, ini tujuannya agar wajib pajak bisa taat dalam membayara kewajibannya yakni membayar PKB," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru