Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Data jadi Kekayaan Baru di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 10 Agustus 2022 - 12:11 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Data merupakan elemen penting dalam sebuah negara, hal ini disampaikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, dalam pidato kenegaraannya pada 16 Agustus 2019. Presiden menyampaikan Data merupakan kekayaan baru bangsa. 

Untuk itu Presiden berharap kedaulatan data harus diwujudkan melalui Peraturan Presiden No 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia guna mengatur penyelenggaraan tata kelola data untuk mendukung kelancaran pengendalian pembangunan dan kepemerintahan.

Menindaklanjuti hal tersebut, BPS Kalimantan Tengah, BPS Barito Utara dan Pemkab Barito Utara menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) Penguatan Peran Satu Data Indonesia Kabupaten Barito Utara.

Bupati Barito Utara, Nadalsyah melalui Sekda, Muhlis berharap FGD ini dapat menyelaraskan data yang dihasilkan oleh setiap instansi. 

“Saya mengimbau kepala perangkat daerah bersinergi dengan BPS sebagai Pembina Data di Kabupaten Barito Utara agar data yang dimiliki serta digunakan dalam setiap program kerja dan kegiatan mengacu pada data yang dimiliki Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Utara,” ucap Muhlis, Rabu 10 Agustus 2022.

Sebelumnya Kepala BPS Barito Utara, Nasrullah menyampaikan diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan tersosialisasikannya poin penting dari Perpres No 39 Tahun 2019, meningkatnya pemahaman akan peran perangkat daerah dalam Satu Data Indonesia.

Selain itu meningkatkan pemahaman tentang rekomendasi dan metadata statistik, serta meningkatkan koordinasi pembina data, walidata dan produsen data. (RAMADHANI/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru