Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota Palangka Raya Launching Anjungan Dukcapil Mandiri

  • Oleh Hendri
  • 15 Agustus 2022 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin launching penggunaan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Mesin ADM yang diresmikan ada di dua lokasi, yakni Kecamatan Pahandut dan Kecamatan Jekan Raya.

Secara simbolis peresmian dilakukan di Kecamatan Pahandut yang dilaksanakan dalam rangkaian gelaran akad nikah dan sidang isbat nikah, Senin 15 Agustus 2022. Fairid berharap mesin ADM ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan.

"Bagus ini, jadi warga tidak perlu lagi menunggu di kantor Dukcapil untuk dapat dokumen kependudukan, tapi bisa langsung cetak sendiri secara mandiri," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Palangka Raya, H Edie mengatakan, mesin ADM ini dapat mencetak dokumen seperti Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). Sementara untuk E-KTP belum bisa dilakukan.

ADM merupakan revolusi layanan administrasi kependudukan telah resmi diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri. Mesin otomatis ini mentransformasikan semua ke dalam mesin yang mirip dengan ATM untuk mengambil uang cash.

"Kita sudah melatih pegawai kecamatan sebagai operatornya. Sehingga nanti kalau ada warga yang datang bisa dibimbing bagaimana cara pengoperasian mesin ADM ini," jelasnya.

Teknisnya masyarakat tetap mengajukan permohonan penerbitan dokumen kependudukan ke Dukcapil setempat. Pihak Dukcapil kemudian melakukan verifikasi yang dikirim ke pusat, setelah selesai berkas akan dikirim ke pemohon melalui alamat email untuk dicetak sendiri. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru