Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kuatan Singingi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Bersama BI Kalteng Salurkan 3 Ton Bawang Merah dan Seribu Bibit Cabai Rawit

  • Oleh Hendri
  • 16 Agustus 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya bersama Bank Indonesia Perwakilan Kalteng menyalurkan 3 ton bawang merah dan seribu bibit cabai rawit untuk masyarakat setempat.

Penyaluran dilakukan melalui operasi pasar murah yang dilaksanakan Dinas Perdagangan Koperasi, UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) di 10 lokasi dengan kelurahan berbeda-beda.

Kepala Perwakilan BI Kalteng, Yura Adalin Djalins mengatakan, kegiatan tersebut untuk menekan laju inflasi. Pasalnya, komoditi bawang merah sempat memicu inflasi di Kalteng pada bulan Juli lalu sebesar 0,44 persen.

"Kalteng memproduksi Cabai 1.000 ton per tahun, sementara kebutuhan cabai mencapai 5.000 ton, defisit sekitar 4.000 ton, sehingga menyebabkan laju Inflansi yang tinggi. Kita saat ini berusaha menekan laju Inflansi dengan swasembada di rumah tangga. Dengan menanam cabai rawit di rumahnya masing-masing," katanya, Selasa 16 Agustus 2022.

Selain itu, di Kalteng produksi Bawang Merah terbilang rendah. Tercatat produksi hanya di bawah 100 ton sedangkan kebutuhan mencapai 7.400 ton.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menyebutkan, pasar murah ini sangat positif, untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan masyarakat disaat harga bahan pokok naik melampaui kewajaran yang mempengaruhi Inflansi.

Pasar murah tersebut merupakan upaya memperlancar distribusi kebutuhan pokok, menjaga kestabilan harga serta menyuplai masyarakat agar mendapatkan harga bahan pokok yang murah dan terjangkau.

"Kami atas nama Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada BI Kalteng yang berperan berkolaborasi dan berintegrasi dalam kegiatan Operasi Pasar Murah ini," pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru