Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pawai Pembangunan Dinilai Jadi Sarana Seremonial Harmonisasi dan Kerukunan Masyarakat

  • Oleh M Andhika
  • 21 Agustus 2022 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rinie menilai pawai pembangunan yang digelar pemerintah daerah dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kotim, Kalimantan Tengah, menjadi sarana seremonial harmonisasi dan kerukunan masyarakat. 

Rinie menerangkan, pawai pembangunan dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa melalui unjuk keragaman seni dan budaya. Selain itu, menghibur masyarakat yang sudah merindukan adanya gelar acara besar di Kabupaten Kotim setelah 2 tahun melewati masa pandemi Covid-19. 

"Inikan agenda rutin tahunan, kemarin sempat absen 2 tahun karena pandemi. Jadi banyak masyarakat yang sudah merindukan acara ini. Selebihnya saya menilai pawai pembangunan menjadi ajang silaturahmi antar masyarakat," terang Rinie, Minggu, 21 Agustus 2022. 

Pawai pembangunan kerap menampilkan budaya, adat, kesenian, prestasi hingga hal-hal unik, khususnya saat melintas di depan panggung kehormatan. Dari 319 jumlah peserta, dalam rangkaiannya ada beberapa hal yang menjadi sorotan seperti Reog, Kuda Lumping, berbagai bela diri silat, Sampit Fashion Show, hingga cosplay yang viral dari figur pesulap merah dan syamsudin.

"Unik. Ya inilah yang saya nilai seremonial harmonisasi. Pawai ini Bhinneka Tunggal Ika yang dibungkus kreatif," ungkap Rinie.

Dirinya mengapresiasi sukses berjalannya acara pawai pembangunan karena antusias peserta dan masyarakat dapat memeriahkan bersama tanpa adanya masalah perbedaan suku, ras, agama, dan antargolongan. (M ANDHIKA/B-7)

Berita Terbaru