Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buaya Muara Sudah Dipelihara 10 Tahun Diserahkan ke BKSDA Sampit

  • Oleh Noor Annisa
  • 06 September 2022 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menyerahkan seekor buaya buaya muara berjenis kelamin betina diperkirakan dengan panjang 2,5 meter kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, Selasa 6 September 2022.

Sebelumnya, buaya tersebut diketahui menjadi hewan peliharaan salah seorang warga di Jalan Antang Barat, Kelurahan Sawahan, Kecamatan MB Ketapang, yang sudah dipelihara hingga 10 tahun lamanya, sebelum akhirnya diserahkan ke BKSDA karena menggigit pemiliknya yang sedang memberi makan buaya tersebut.

"Dipelihara kurang lebih 10 tahun mulai dari kecil sekitar setengah meter, diserahkan karena pemiliknya digigit saat memberi makan sehingga meminta pihak Disdamkarmat untuk mengevakuasi," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian, Disdamkarmat Kotim, Punding, saat serah terima buaya dengan Kepala BKSDA, Selasa, 6 September 2022.

Punding mengatakan, pemilik buaya mengalami luka cukup serius di bagian tangan di sekitar ibu jari, luka sobekan yang disebabkan tarik menarik dengan buaya saat tangannya digigit. Pada saat mengevakuasi pihak Disdamkarmat juga mengalami kesulitan karena tempatnya yang sempit.

"Buaya ini dipelihara di samping rumah yang berbatasan dengan tembok sehingga cukup memakan waktu untuk mengevakuasi, namun akhirnya bisa kami atasi," ujarnya.

Untuk penanganan selanjutnya maka pihak Disdamkarmat menyerahkan langsung buaya muara kepada Komandan BKSDA Kotim, Muriansyah di markas komando Disdamkarmat Jalan S. Parman, nantinya akan dilepasliarkan kembali. 

"Kami tidak bisa menangani lebih lanjut maka kami serahkan ke BKSDA untuk selanjutnya bisa dikembalikan ke habitatnya," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-5)

Berita Terbaru