Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Tanggapi Pemandangan Umum Fraksi Pendukung Dewan atas Nota Keuangan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 September 2022 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menyampaikan tanggapan terhadap pemandangan umum fraksi pendukung dewan atas pengajuan Nota Keuangan dan Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2022, dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Nursulistio, Selasa, 6 September 2022.

Pada kesempatan tersebut, Bupati yang menyampaikan tanggapan secara virtual. Secara umum, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua fraksi pendukung dewan di DPRD Barito Timur yang telah menerima pengajuan Nota Keuangan dan Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2022 untuk dibahas lebih lanjut.

"Kami juga berterima kasih atas saran pendapat dan tanggapan dari Fraksi Partai Golkar terkait kendala penurunan target PAD (pendapatan asli daerah) dalam perubahan APBD Kabupaten Barito Timur tahun 2022, dikarenakan masih terbatasnya sumber PAD serta kondisi perekonomian yang mengalami penurunan," kata Ampera menanggapi pemandangan umum Fraksi Partai Golkar.

"Untuk itu, kami sepakat agar Bapenda berupaya memacu dan menggali sumber-sumber  PAD yang ada di kabupaten Barito Timur serta perlu kerja sama dan dukungan penuh dari DPRD Barito Timur dalam bentuk pengawasan dan penyusunan regulasi, sesuai ketentuan yang diatur dalam undang-undang tentang pajak daerah dan retribusi," imbuhnya.

Menanggapi pemandangan umum Fraksi PKP, Ampera menyatakan sepakat atas saran untuk menjaga situasi kondusif melalui pembangunan politik, hukum, pertahanan dan keamanan,

Dia juga berterima kasih atas dukungan DPRD Barito Timur melalui Perda Persetujuan Bangunan dan Gedung (PBG) serta Perda inisiatif DPRD tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan untuk meningkatkan sumber PAD.

"Ketiga, kami akan berupaya keinginan Fraksi PKP agar belanja sejak proses perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan memperhatikan aspek efektivitas, efisiensi, transparan dan akuntabel," ujarnya.

Terkait penanggulangan dampak kenaikan harga minyak goreng dan BBM bersubsidi yang disampaikan Fraksi PKP, Bupati mengatakan bahwa pemerintah daerah akan menganggarkan langkah pengendalian pada perubahan APBD melalui program dan kegiatan untuk menanggulangi dampak inflasi sesuai aturan dan ketentuan.

Ampera juga mengapresiasi saran Fraksi Partai Demokrat  agar pemerintah daerah lebih proaktif serta menyusun program untuk pengembangan sektor pariwisata di Barito Timur.

"Kami juga mendukung masukan Fraksi Partai Demokrat untuk menjaga stabilitas harga pangan pascapanen pada sektor pertanian. Juga mendukung masukan untuk meningkatkan akses permodalan bagi pelaku UMKM di Barito Timur," imbuhnya.

Selanjutnya, menanggapi pemandangan umum Fraksi PDI Perjuangan, Bupati mengatakan sepakat atas usulan penerapan struktur APBD dalam upaya menjaga stabilitas pelayanan kesehatan, pendidikan, penyediaan lapangan kerja dan peningkatan pembangunan bidang infrastruktur di tingkat desa sesuai RPMJ Barito Timur 2018-2023.

"Berikutnya kami menyerahkan pada mekanisme persidangan lebih lanjut terkait masukan dari Fraksi PDI Perjuangan agar pembahasan kegiatan dari OPD maupun masyarakat lebih terperinci," ucapnya.

Terakhir kepada Fraksi Indonesia Bangkit, Ampera menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan sehingga dalam penetapan prioritas belanja tetap mengacu pada peraturan dan ketentuan yang berlaku. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru