Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Hadiri Festival Tandak Intan Kaharingan

  • 24 Januari 2016 - 21:07 WIB

BUPATI Pulang Pisau, Edy Pratowo bersa'ma' Sekda, Afiadin Hus'ni dan beberapa pe'jabat lainnya  menghadiri pem'bukaan Festival Tan'dak' Intan Kaharingan di ba'lai ibadah umat Kaharingan', Desa Parahangan, Kecamat'an Kahayan Tengah, Sabtu (23/1/2016).

Festival Tandak Intan Kaha'ringan ini rutin digelar setiap tahun. Festival ini mempere'but'kan piala bergilir bupati.

Bagi yang menang, mereka akan mewakili kabupaten ke festival tingkat provinsi yang akan digelar di Kabupaten Gunung Mas.

Dalam sambutannya bupa'ti sangat mendukung digelar'nya festival ini. Edy mengata'kan masyarakat Kaharingan juga punya peran yang sama dengan umat lainnya dalam pem'bangunan.

'Perlu saya sampaikan jika Pu'lang Pisau saat ini perlu ge'nerasi cerdas dan bermar'ta'bat, melingkupi semua as'pek masyarakat dan agama se'perti yang diimpikan umat Ka'haringan dan umat lain.'

Kala itu bupati juga mengajak umat Kaharingan untuk te'rus meningkatkan iman dan taqwa sebagai landasan ter'bentuknya akhlak mulia dan memantapkan kerukunan' hidup sesama umat yang se'ra'si dan harmonis.

'Salah satu impian dan ci'ta'cita saya adalah menjadi'kan Pulang Pisau miniatur Kalimantan Tengah yang bisa menjadi contoh bagi daerah la'in. Yakni keberagaman aga'manya yang tetap harmonis' karena adanya kesatuan per'saudaraan antar umat ber'agama dan saling toleransi,' im'buhnya.

Edy menyadari dalam me'ng'gali ajaran Kaharingan cu'kup rumit dan perlu perhati'an khusus dari pemerintah dae'rah, baik dalam pengada'an buku ajaran dan penyedia'an tempat ibadah.

'Selama ini kita akui angga'r'an untuk pembinaan keaga'maan terbatas, karena itu kami berusaha akan melaksa'na'kan pembinaan kepada Ka'haringan agar sejajar sama de'ngan agama lainnya,' tera'ng'nya.

Menurut bupati pembinaan ke'pada umat beragama salah sa'tunya seperti kegiatan festi'val ini merupakan wu'jud' kegiatan pembangunan bida'ng kehidupan beragama yang sepenuhnya dijamin UUD 1945 seperti yang diharapkan ma'syarakat Kaharingan yang bisa sejajar dengan umat lain da'lam peran serta kemajuan pem'bangunan. (B-6)

Berita Terbaru