Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKSDA Pos Sampit Sempat Kesulitan saat Evakuasi Buaya Peliharaan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 September 2022 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit, sempat mengalami kesulitan saat mengevakuasi buaya peliharaan di Jalan Pramuka, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu, 7 September 2022. 

Hal tersebut disebabkan sempitnya kandang hewan dilindungi tersebut, serta agresifnya buaya muara yang panjangnya mencapai 2 meter itu. 

"Sempat kesulitan juga saat evakuasi, karena tempatnya sempit, sehingga sulit untuk bergerak," ujar Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah.

Dalam upaya evakuasi tersebut, pihaknya harus lebih dulu mengikat rahangnya mengunakan alat bantu. Hal itu dilakukan sebagai upaya agar lebih aman dan tidak membahayakan petugas. 

Setelah rahangnya aman, barulah petugas masuk ke dalam kandang untuk mengikat buaya tersebut dan mengeluarkannya dari lokasi tempat pemeliharaan. 

"Alhamdulillah petugas kami tidak ada yang terluka, begitu juga dengan buaya yang kami evakuasi," kata Muriansyah. 

Seusai dievakuasi, buaya tersebut langsung dibawa ke Kantor Seksi Wilayah II Pangkalan Bun. Sedangkan kondisi buaya betina tersebut dalam keadaan sehat dan tidak mengalami luka atau lainnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada pemilik yang sukarela menyerahkan hewan dilindungi itu. Muriansyah berharap, ini menjadi contoh bagi masyarakat lainnya agar jika memiliki atau memelihara hewan dilindungi, bisa segera menyerahkan kepada BKSDA Pos Sampit. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru