Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Strategi dan Program Pemko Palangka Raya Atasi Kemiskinan

  • Oleh Hendri
  • 23 September 2022 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya mempunyai strategi dan program untuk mengatasi kemiskinan. Kedua hal tersebut dituangkan dalam Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) yang merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Kebijakan penanggulangan kemiskinan dilakukan melalui strategi dan program," kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amandus Frenaldy, Jumat 23 September 2022.

Strategi yang dimaksud adalah pengurangan beban pengeluaran masyarakat miskin, peningkatan kemampuan dan pendapatan  masyarakat miskin, pengembangan dan menjamin keberlanjutan usaha ekonomi mikro dan kecil hingga sinergi kebijakan maupun program penanggulangan kemiskinan.

Sedangkan programnya terdiri atas program bantuan sosial dan jaminan sosial terpadu berbasis rumah tangga, keluarga atau individu. Kemudian program pemberdayaan masyarakat dan penguatan pelaku usaha mikro dan kecil maupun program lainnya yang secara langsung dan tidak langsung.

"Sudah ada Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) yang dibentuk oleh Wali Kota. Tugasnya memastikan segala kebijakan penanggulangan sudah sesuai dengan program pemerintah daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi dengan dunia usaha," ungkapnya.

Dia menambahkan kemiskinan merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional yang tertuang dalam RPJMN. Permasalahan kemiskinan merupakan masalah yang sangat kompleks yang perlu mendapatkan penanganan secara terkoordinasi dan terencana.

Jumlah penduduk miskin sejak 2018 tercatat sebanyak 9.782 jiwa kemudian tahun 2019 naik menjadi 9.690 jiwa. Kenaikan ini juga masih terjadi di tahun 2020 yakni menjadi 10.220 jiwa dan tahun 2021 bertambah lagi menjadi 10.860 jiwa. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru