Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pancasila Harus Dikenalkan Kepada Anak Usia Dini, kata Ketua DPRD Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 26 September 2022 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anak usia dini penting mengenali Pancasila, karena di dalam Pancasila terdapat nilai pengajaran yang tinggi mengenai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Nilai Sosial.

“Dengan begitu, anak-anak akan terdidik menjadi respek, berperilaku empati dan simpati di tengah kehidupan masyarakat yang beragam,” kata Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, Senin 26 September 2022.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Dewan Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) ini Pancasila sudah menjadi aktualisasi dan reaktualisasi dari bangsa, jadi harus dipedomani dan diajarkan kepada anak-anak usia dini.

Dengan mendidik serta mengenalkan anak tentang Pancasila sejak usia dini, Sigit yakin pintu masuk doktrin-doktrin dari luar dapat terbendung. Karena saat ini mulai muncul intoleransi, radikalisme dan politik identitas di tengah masyarakat. Untuk menangkalnya maka diperlukan semangat dalam Pancasila.

“Hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, bersebrangan dengan nilai Pancasila harus diantisipasi oleh semua pihak. Tidak boleh diam, gelorakan semangat Pancasila untuk mengentaskannya,” tegas Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini.

Masalah informasi dan pendidikan menjadi hal terpenting untuk menanggulangi paham yang bersebrangan dengan Pancasila. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan digital, informasi dapat menjadi pintu segala penyimpangan paham.

“Jika pendidikan lemah dalam membentengi dan menanggulangi paham intoleransi, radikalisme tentu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk merubahnya. Saya berpendapat jaga dan rawatlah Pancasila. Pendidikan harus dikuatkan untuk menangkal informasi penyimpangan paham,” pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru