Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukabumi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beberapa Hari Belakangan Ini, Warga Desa Kumpai Batu Bawah Kerap Melihat Kemunculan Buaya

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 September 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain waspada terhadap potensi kenaikan genangan air, warga Desa Kumpai Batu Bawah, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), saat ini juga mewaspadai keberadaan buaya yang dalam beberapa hari diketahui sering muncul dan memangsa ternak peliharaan warga.

Kepala Desa Kumpai Batu Bawah, Bambang Silih Warno, Senin, 26 September 2022 mengatakan, dalam kurun waktu 3 hari belakangan, sudah sekitar 3 ternak warga yang dimangsa buaya.

"Kemarin seekor bebek milik warga diketahui dimangsa oleh buaya. Sebelumnya seekor ayam. Menurut warga, ada 2 buaya yang beberapa hari ini sempat diketahui, dengan ukuran sekitar 1,5 meter. Terlihat di sekitar parit terusan besar pengairan," jelas Bambang Silih Warno.

Namun, menurut Bambang Silih Warno, selain 2 buaya tersebut, masih ada lagi seekor buaya dengan ukuran yang lebih besar juga terlihat dalam beberapa hari belakangan.

"Ukurannya sekitar 3 meter. Tentunya keberadaan satwa berbahaya tersebut membuat warga desa kami menjadi was-was," ungkapnya.

Karena itulah, lanjut Bambang Silih Warno, warga sepakat untuk melaksanakan ronda dan patroli malam, mencegah hal yang tidak diinginkan.

"Karena buaya tersebut sering dilihat warga pada malam hari. Selain melakukan ronda dan patroli mandiri, kami juga telah berkoordinasi dengan pihak BKSDA. Sehingga bila buaya tersebut muncul, kami bisa dengan cepat menghubungi mereka," demikian Bambang Silih Warno menyampaikan. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru