Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Bantu 120 Ribu Ekor Benih Udang Windu ke Pokdakan Sungai Ratik Kumai

  • Oleh Donny Damara
  • 30 September 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalteng memberikan bantuan 120 ribu ekor benih udang windu ke kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Tambak Sungai Ratik Kumai, Kabupaten Kobar.

Bantuan ini diberikan dalam rangka untuk menangani inflasi di Kalteng dengan mendukung ketersediaan pangan pada sektor kelautan dan perikanan. Sehingga, ketersediaan pangan di provisi ini kedepan terutama pada sektor kelautan dan perikanan dapat semakin kuat dan mampu bertahan.

Benih udang windu tersebut diserahkan oleh Kepala UPT Perikanan Budidaya Air Payau dan Laut (PBAPL) Kumai, David Hariyanto kepada Ketua Pokdakan Tambak Sungai Ratik Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar Ahmadi baru-baru ini, dan diharapkan bisa dibudidayakan dengan baik.

"Pokdakan Tambak Sungai Ratik Kumai ini beranggotakan sepuluh orang pembudidaya ikan dan kelompok ini juga merupakan mitra dari UPT PBAPL Kumai. Mereka ini melakukan kegiatan budi daya dengan sistem polikultur dan jenis ikan yang dibudidayakan yaitu udang windu dan ikan bandeng," kata David Hariyanto.

Pada kesempatan itu juga, Ahmadi selaku Ketua Pokdakan Tambak Sungai Ratik mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng. Ia berharap, gubernur tidak hanya memberikan bantuan benih udang windu saja tapi juga merealisasikan bantuan jaring untuk penahan udang atau ikan saat banjir rob yang sudah disampaikan secara langsung beberapa waktu lalu.

"Kami sangat senang adanya bantuan benih udang windu ini dari bapak gubernur dan kami ucapkan terima kasih. Kami juga berharap agar apa yang sudah disampaikan ketika bertemu dengan bapak gubernur di Aula Jayang Tingang beberapa waktu yaitu terkait bantuan jaring penahan udang bisa direalisasi," tutur Ahmadi.

Sementara itu, Kepala Dislutkan Kalteng, Darliansjah saat dimintai tanggapannya berharap melalui UPT PBAPL Kumai tersebut dapat menjadi ujung tombak kemitraan dengan masyarakat pelaku usaha perikanan sehingga dapat membantu masyarakat pembudidaya di wilayah pesisir.

"Semoga bantuan yang diberikan itu dapat berguna dan bermanfaat serta nantinya dapat berkembang agar ketahanan pangan pada sektor kelautan dan perikanan di Kalteng ini semakin kuat," ucapnya, Jumat, 30 September 2022. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru