Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dharmasraya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdagperin Kalteng Gelar Bimtek Inovasi Produk Anyaman Purun

  • Oleh Nopri
  • 02 Oktober 2022 - 22:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) inovasi produk anyaman purun di aula dinas setempat.

Kepala Disdagperin Kalteng, Aster Bonawaty mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan inovasi produk khususnya yang berbahan dasar purun.

"Peserta bimtek kali ini berjumlah 15 orang yang berasal dari Kota Palangka Raya. Untuk pelatihnya, kita datangkan langsung dari Pusat Anyaman Indonesia Yogjakarta," katanya, Minggu 2 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, pihaknya akan terus mendampingi sampai para peserta bisa membuat satu produk yang mempunyai daya jual atau nilai ekonomis. 

"Harapannya selain untuk melestarikan kearifan lokal khususnya purun, kita juga akan menggali semua yang merupakan potensi daerah," tuturnya. 

Selain itu, kualitas purun yang ada di Kalteng sangat bagus. Namun, tetap harus dibuat produk yang inovatif lagi agar produk purun ini bisa dikenal di provinsi lainnya. (NOPRI/B-11)

Berita Terbaru