Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Kembali Landa Sejumlah Desa Utara Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Oktober 2022 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Musibah banjir di beberapa desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih terus terjadi. Bahkan saat ini debit air kembali meningkat, seiring masih terjadinya hujan di wilayah Utara daerah ini. 

Banjir tersebut kembali meninggi, karena adanya kenaikan debit air Sungai Kuayan. Dampaknya, Desa Tewai Hara, Kecamatan Bukit Santuai, kembali terendam. 

"Ini Sungai Kuayan yang banjir, Desa Tewai Hara, ada 14 rumah terendam. Ketinggian air 60-80 sentimeter," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim Rihel, Senin, 3 Oktober 2022. 

Selain Desa Tewai Hara, kenaikan debit air juga mulai meningkat di Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi, yang mencapai 60 sentimeter. Padahal di desa tersebut sebelumnya banjir sudah mulai turun. 

"Memang di Hanjalipan sebelumnya sempat turun, namun karena hujan masih terus terjadi sehingga debit air kembali meningkat," kata Rihel. 

Kondisi ini berpotensi kembali bertambah parah. Pasalnya dalam beberapa hari terakhir curah hujan turut meningkat. Bahkan hampir setiap hari terjadi hujan di sejumlah daerah di Kotim. 

Rihel mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan tanggap jika terjadi banjir. Agar tidak ada korban jiwa kedepannya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru