Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kapuas Jenguk Warga Diduga Keracunan Makanan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Oktober 2022 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekretaris Daerah atau Sekda Kapuas Septedy menjenguk warga Desa Anjir Serapat Tengah RT 16, Kecamatan Kapuas Timur diduga menjadi korban keracunan makanan yang masih dirawat di Puskesmas Anjir Serapat pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Diketahui, ada 7 orang warga yang mengalami gejala keracunan diduga seusai memakan tumbuhan sejenis jamur. Mereka dilarikan ke Puskesmas Anjir Serapat untuk mendapatkan perawatan pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Sekda menyampaikan, saat ia datang mengunjungi puskesmas hari ini, dari total tujuh warga yang keracunan, sudah lima orang yang keluar atau diperbolehkan pulang dengan rekomendasi dari medis karena sudah tidak bergejala.

"Kedatangan saya untuk memantau penanganan dan menjenguk warga keracunan jamur yang dirawat di Puskesmas Anjir Serapat," kata Septedy.

Mereka dirawat di UPT Puskesmas Anjir Serapat dengan pelayanan maksimal, agar warga dapat terbantu untuk pulih kembali.

Sekda mengapresiasi langkah dari warga, pemerintah desa bersama Polsek Kapuas Timur juga UPT Puskesmas Anjir Serapat yang cepat menangani kejadian yang dialami warga tersebut, sehingga tidak ada korban jiwa.

"Saya juga meminta Dinas Kesehatan Kapuas mengirim jamur mentah, dan yang sudah di masak untuk diteliti pada laboratorium yang kompeten untuk menguji apakah warga yang keracunan saat mengkonsumsi karena jamur atau salah saat memasaknya," ucapnya.

Menurutnya, hasil penelitian ini penting untuk nantinya disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga kejadian yang sama tidak terulang. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru