Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimalkan Peran UMKM Dalam Memulihkan Ekonomi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Oktober 2022 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau Muhamad Irwansyah menyatakan bahwa peningkatan UMKM tentunya sejalan dengan peningkatan ekonomi kreatif, mengingat berbagai penganan khas yang dimiliki wilayah Lamandau tidak ada di daerah lain.

“Ini tentunya menjadi sesuatu yang sangat baik dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” ucap Irwansyah di Nanga Bulik, Jumat, 7 Oktober 2022.

Menurutnya, setelah dilanda pandemi covid 19 selama dua tahun terakhir memang membuat pertumbuhan ekonomi di wilayah setempat mengalami penurunan. Jadi, momentum kebangkitan ekonomi memang harus dibuat oleh pemerintah daerah.

“Setelah pandemi ini kita harapkan peningkatan UMKM dapat terus berjalan dengan baik. Bahkan, Pemkab Lamandau juga terus berupaya membantu dan mendorong masyarakat dalam pengembangan UMKM di wilayah ini agar semakin baik lagi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberlakukan kembali hari bebas kendaraan bermotor dan pelaksanaan pasar dadakan yang sebelumnya sempat kehilangan momen akibat dilanda pandemi COVID-19.

“Di mana menurut hemat kami bahwa hal ini sangat baik dalam upaya peningkatan ekonomi di wilayah ini, dimana geliat masyarakat juga sudah mulai berangsur baik,” ungkapnya.

Dia mengatakan, sebelumnya sudah pernah terbentuk asosiasi pedagang asongan di wilayah setempat dan sempat berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan setiap Sabtu dan Minggu, juga sudah bisa diaktifkan kembali dan dilaksanakan.

“Dalam peningkatan UMKM ini, memang perlu stimulus. Oleh sebab itu, saya juga sudah berbicara dengan seluruh perangkat daerah agar dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan stimulus ekonomi,” ungkapnya.

Jadi, peran dari pemerintah daerah hadir di situ untuk membantu masyarakat terutama pelaksanaan pasar-pasar dadakan. kemudian, setiap OPD harus dapat memanfaatkan setiap kegiatan yang ada sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dia mengatakan, diberlakukannya kembali untuk ekspor CPO oleh Presiden, tentunya diharapkan harga-harga di TBS maupun peron, dapat kembali normal dan ini dapat berimbas pada tingkat pendapatan masyarakat.

“Daya beli juga mengalami peningkatan dan perputaran uang di masyarakat semakin banyak, yang berdampak pada kebangkitan ekonomi di wilayah ini,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru