Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

25 Hektare Lahan Dinas Pertanian Gunung Mas akan Disulap Jadi Lahan Pertanian Terpadu

  • Oleh Riska Yulyana
  • 17 Oktober 2022 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Untuk mensukseskan program smart agro, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengatakan bahwa lahan milik Dinas Pertanian seluas 25 hektare yang terletak di Desa Tumbang Tambirah Kecamatan Kurun akan dijadikan sebagai lahan pertanian terpadu. 

"Demplot pertanian di Desa Tumbang Tambirah seluas 25 hektare ini nantinya akan dijadikan lahan pertanian terpadu, yang terdiri dari tanaman jagung hibrida, padi, ada padang rumput untuk pakan ternak dan rumah untuk petugas, " ujar Jaya saat meninjau demontration  (demplot) pertanian di Desa Tumbang Tambirah pada Senin 17 Oktober 2022.

Lima hektare lahan tersebut akan digunakan untuk menanam padi, lima hektare menanam jagung hibrida, lima hektare untuk rumput pakan ternak, sisanya pihaknya akan memaksimalkan pemanfaatannya untuk hal-hal yang dibutuhkan lainnya. Nantinya pihaknya akan memanfaatkan lahan lain milik pemkab Gunung Mas untuk dikelola menjadi pertanian terpadu. 

Orang nomor satu di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini mengatakan bahwa pengelolaan pertanian terpadu tersebut nantinya akan bekerja sama dengan petani mandiri.

Jaya mengatakan selain tim percepatan pelaksanaan program tiga smart, ada pula tim pengawas untuk mensukseskan program smart agro khususnya di demplot pertanian di Desa Tumbang Tambirah tersebut. 

Pihaknya juga bekerja sama dengan dinas-dinas terkait, konsultan, dan pemkab akan bekerja sama dengan pihak-pihak yang siap membeli hasil pertanian yang ada.

Untuk ke depannya pihaknya berencana akan memanfaatkan lahan milik Dinas Pertanian di Kecamatan Tewah untuk dijadikan lahan pertanian terpadu. "Kemudian kami akan cek lagi area lain seperti di Rungan dan Manuhing," tambahnya. 

Rencana pemanfaatan demplot pertanian untuk lahan pertanian terpadu tersebut, kata Jaya sebagai salah satu upaya mensukseskan program smart agro. 

"Untuk mengembangkan dan mensukseskan program smart agro di lahan tersebut, kami siap menerima saran dari berbagai pihak, termasuk dari petani, ahli pertanian dan lainnya," jelas Jaya. 

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong meninjau demplot pertanian di Desa Tumbang Tambirah pada Senin 17 Oktober 2022 bersama Koordinator Tim Percepatan Pelaksanaan Program Tiga Smart Aprianto, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Yuliana Elisabet, pihak PLN dan lainnya. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru