Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manfaatkan ADD untuk Pengembangan Objek Wisata

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Oktober 2022 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong setiap desa agar dapat memanfaatkan alokasi dana desa (ADD) untuk pengembangan objek wisata.

Menurutnya, penggunaan untuk memberikan dampak positif bagi desa itu sendiri tidak ada salahnya. Namun hal ini tentu harus melalui persetujuan semua pihak termasuk masyarakat, yang membahas semua.

"ADD ini kan disalurkan dari pemerintah pusat dan penggunaannya sudah ditentukan. Tapi pengurus desa bisa menggunakan sebagian anggaran untuk mengembangkan objek wisata. Dan tentu pembahasannya harus melalui musrenbangdes, kemudian nanti diajukan agar bisa mendapat persetujuan," ucapnya, Selasa, 18 Oktober 2022.

Duwel mengungkapkan, di setiap desa tentunya ada banyak memiliki potensi objek wisata yang bisa dikembangkan. Apabila hal itu dapat dikelola dengan baik maka akan berdampak terhadap perekonomian atau pendapatan desa tersebut. Terlebih lagi jika objek wisata yang ada dinilai bagus maka tidak menutup kemungkinan bisa mendatangkan wisatawan dari luar wilayah desa itu sendiri.

Banyak potensi di wilayah pedesaan yang hingga sampai saat ini belum tergali dengan maksimal, salah satunya objek wisata. Padahal, objek wisata ini dapat memberikan dampak positif bagi desa, masyarakat maupun daerah. Dan mengenai itu juga kerap menjadi aspirasi masyarakat ketika pihaknya melaksanakan reses didalam daerah.

"Jika potensi itu bisa dioptimalkan maka suatu desa bisa mandiri, terutama untuk menggali pendapatan desa. Kita juga berharap pemerintah baik pusat maupun daerah bisa mendorong hal itu, dan bisa mengeluarkan kebijakan jika sebagian anggaran ADD bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa-desa," tandasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru