Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Seruyan Diajak Mencegah DBD dengan PSN 3M Plus

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 29 Oktober 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Memasuki musim hujan, salah satu penyakit yang dikhawatirkan adalah Demam Berdarah Dengue  atau DBD. Pencegahan DBD  bisa dilakukan melalui program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3M Plus.

Bupati Seruyan, Yulhaidir melalui Kadis Kesehatan Seruyan dr Bahrun Abbas mengajak masyarakat di Kabupaten Seruyan, untuk mencegah penyebaran DBD melalui cara tersebut.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mencegah  DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui 3M Plus,“ kata Bahrun Abbas, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Pemberantasan  sarang nyamuk dengan 3M yakni menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Sedangkan plusnya merupakan kegiatan pencegahan DBD lainnya seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk.

Selanjutnya, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

“Pencegahan DBD  paling efektif melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan  3M Plus dan pastikan lingkungan kita selalu bersih,” tandasnya. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru