Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bapenda Seruyan Akan Gali Potensi PBBdari Kebun Rakyat

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 23 November 2022 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Dalam upaya peningkatan pendapatan daerah dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Seruyan, akan menggali potensi PBB dari  kebun rakyat.

Kepala Bapenda Seruyan, Sukardi  mengatakan, penggalian itu  merupakan salah satu upaya yang pihaknya lakukan untuk meningkatkan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah setempat.

“Prosesnya kita mulai dengan  pendaftaran terlebih dahulu. Untuk realisasinya mungkin tahun depan,  ini merupakan  salah satu sektor yang mulai saat ini perlahan kita gali,” kata Sukardi, Rabu, 23 November 2022

Dijelaskannya, Surat Edaran (SE) Bupati Seruyan terkait dengan imbauan untuk mendaftarkan dan membayarkan PBB perkebunan rakyat tersebut sudah disebar ke pemerintah desa (pemdes) di wilayah setempat.

“Surat Edaran terkait dengan  imbauan dari Pak Bupati untuk kepala desa itu sudah dikeluarkan dan ini menjadi pintu awal kita untuk proses pendataan,” ungkapnya.

Sukardi menambahkan, selama ini hampir sebagian besar masyarakat yang mempunyai kebun masih belum membayar PBB. Dan selama ini, kontribusi PAD dari sektor perkebunan rata-rata bersumber dari koperasi plasma.

“Kalau yang dari masyarakat umum itu masih banyak yang belum bayar. Makanya tahun depan kita akan coba gali itu. Mudah mudahan bisa meningkatkan pendapatan daerah,” tandasnya. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru