Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

1.127 Nelayan Pulang Pisau Terima Bantuan Konversi BBM ke BBG

  • Oleh Asprianta
  • 25 November 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS. Pulang Pisau – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Perikanan melaksanakan Pendistribusian paket konversi bahan bakan minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan sasaran di Kabupaten Pulang Pisau.

Kegiatan tersebut merupakan Program kemitraan Kementeqrian ESDM dan Komisi VII DPR RI tahun 2022.

"Sedikitnya ada 1.127 nelayan di Kabupaten Pulang Pisau yang menerima bantuan dari program ini," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta mewakili Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang.

Selain sekda Pulpis, Kegiatan yang dilaksanakan di aula kantor Dinas Perikanan setempat, itu dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Slamet Untung Riyanto mendampingi Anggota DPR RI Komisi VII, Willy M Yoseph dan perwakilan dari Kementerian ESDM yang diwakili Mubahir Sidiq, Komisi II DPRD Kabupaten Pulang Pisau Edvin Mandala, Asisten II, kepala OPD dan penerima bantuan.

"Atas nama pemerintah Kabupaten pulang pisau saya menyampaikan terima kasih atas kepada Kementerian ESDM yang telah menetapkan Kabupaten Pulang Pisau untuk kedua kalinya sebagai penerima paket konversi ini," ucap Tony sapaan akrab sekda Pulpis itu.

Sekda menjelaskan, penerima bantuan paket konversi Kabupaten Pulang Pisau tahun 2022 telah dilaporkan Dinas Perikanan setempat, berjumlah 1.127 paket yang tersebar di 6 kecamatan. Yakni, Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak 127 paket, Jabiren Raya sebanyak 252 paket, Kahayan Kuala 429 paket, Pandih Batu sebanyak 68 paket, Sebangau Kuala 122 paket dan Kahayan Tengah 129 paket.

Selain itu, lanjut Sekda, program ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan diversifikasi energi menjadi energi bersih.

“Besar harapan kami, kedepan program ini masih tetap berlanjut, khususnya di kabupaten Pulang Pisau. Mengingat masih banyaknya nelayan yang masih belum menerima paket bantuan konvensi dikarenakan terbatasnya dana APBD untuk mengakomodir paket bantuan tersebut,” katanya. 

Dalam kesempatan itu Tony juga berpesan bagi penerima bantuan agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik serta tidak boleh dijual belikan. 

Sekda menambahkan dengan adanya bantuan ini diharapkan hasil tangkapan ikan para nelayan akan meningkat dan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan nelayan.

“Saya minta kepada Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau agar melakukan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan berkaitan dengan pemanfaatan bantuan paket konversi ini, serta berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mempersiapkan kebutuhan refill gas dialokasi secara konversi,” pungkasnya. (ang)

Berita Terbaru