Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perhatikan Secara Serius Kekurangan Tenaga Guru di Pelosok Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 25 November 2022 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi mengatakan kekurangan tenaga guru atau pendidik di wilayah pelosok Kalteng ini harus bisa menjadi perhatian serius pemda melalui instansi terkait.

Menurutnya, keberadaan guru atau tenaga pendidik sangat penting untuk dipenuhi agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar dan upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) terutama di pelosok bisa berjalan maksimal.

"Untuk memenuhi kebutuhan guru di pelosok harus ada solusi dari pemerintah, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan kekurangan guru dipelosok. Itu yang harus dapat diselesaikan," ujarnya, Jumat, 25 November 2022.

Dia mengungkapkan, kekurangan guru di wilayah pelosok ini karena diakibatkan banyak yang pindah tugas ke wilayah perkotaan dan enggan bertugas di daerah terpencil dengan berbagai alasan seperti akses yang jauh hingga sarana atau fasilitas penunjang yang tidak memadai.

Oleh karena itu, berbagai hal terkait tersebut harus bisa diperhatikan oleh pemda dengan menyediakan fasilitas memadai salah satunya rumah dinas guru dan juga tambahan tunjangan daerah terpencil, sehingga guru bisa berminat dan betah untuk bertugas di daerah pelosok.

Selain itu juga, untuk mengantisipasi pindahnya guru di wilayah pelosok ke kota ada baiknya jika sebelum guru itu ditugaskan diperhatian terlebih dahulu darimana guru tersebut berasal, sehingga mereka bisa ditempatkan kembali ke daerah asalnya.

"Jika mereka dikembalikan ke daerah asalnya maka tidak mungkin pindah tugas, dan dalam setiap rekrutmen guru juga agar utamakan penugasan itu kembali ke daerah asal calon guru tersebut, sehingga mereka bisa mengabdi di daerah asalnya tanpa memikirkan pindah," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru