Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

10 Kelurahan Lokus Germas di Palangka Raya Punya Semboyan Unik Edukasi Warga

  • Oleh Hendri
  • 27 November 2022 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya telah membentuk lokasi fokus Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di 10 kelurahan. Masing-masing kelurahan ini ternyata mempunyai cara unik dan semboyan menarik untuk mengedukasi warga agar disiplin menjalankan hidup bersih dan sehat.

Seperti di Kelurahan Menteng dengan Semboyan GERAM SI CANTIK (Gerakan Masyarakat Beraksi Cari Jentik). Lalu, ALDI dan SERA (Alat Deteksi Dini dan Senam Gembira) yang digaungkan Kelurahan Kereng Bangkirai.

Kemudian tidak kalah menariknya semboyan yang diusung Kelurahan Habaring Hurung, yakni DIYA SALA (Budi Daya Sayur di Halaman). Lebih unik lagi semboyan SUPA SIKARANG (Sumber Pangan Sehat Kelurahan Tumbang Rungan).

Selanjutnya, SAPA DARLING GEMBIRA (Sabtu Pagi Sadar Lingkungan, Gemar Makan Buah dan Olah Raga) yang dipromosikan di Kelurahan Palangka.

Selain itu ada lagi semboyan GERMAS D'AGZI SECANTING (Gerakan Masyarakat Dengan Asupan Gizi Seimbang Cegah Stunting) di Kelurahan Panarung, GERMASYUR (Gerakan Gemar Makan Buah Dan Sayur) di Kelurahan Jekan Raya.

Bahkan yang terbaru inovasi BAPAK BERKAH (Bank Sampah Kalampangan bersih kreatif dan Sehat) di Kelurahan Kalampangan, KEPANG SI DARA BONSI (Kebun Pangan Sehat Bergizi dan Kerja Bakti Bondol Sempati) di Kelurahan Bukit Tunggal serta SING PENTING ASIK (Siap Dukung Pencegahan Stunting, Aktivitas fisik dan Edukasi) di Kelurahan Tanjung Pinang.

Sekda Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, Lokus Germas dilakukan sebagai usaha kepekaan pemerintah dalam hal ini Kelurahan dan Puskesmas sebagai perpanjangan Pemerintah daerah.

Mereka juga bekerjasama dengan lintas sektor untuk mengidentifikasi permasalahan kesehatan masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Saya mengajak seluruh Perangkat Daerah serta lintas sektor terkait yang tergabung dalam Forkom Germas untuk terlibat aktif dalam menggerakkan masyarakat agar berperilaku hidup bersih serta menjadi garda terdepan dalam menerapkan perilaku hidup sehat menjadi budaya," katanya, Minggu, 27 November 2022. (HENDRI/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru