Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Harap Pemda Mampu Mengantisipasi Penghambat Investasi Masuk Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Desember 2022 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Wisman berharap pemda mampu mengantisipasi berbagai hal yang dapat menghambat masuknya investasi ke Kalteng ini, salah satunya yaitu menyelesaiakan Tata ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) dan menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang memadai.

Ia menyebut, investor tentunya sebelum berinvestasi di suatu daerah memerlukan kepastian hukum yang jelas dalam rangka meminimalisasi timbulnya masalah di masa yang akab datang. Untuk itu sangat diharapkan pemerintah bisa menyesaikan RTRWP yang hingga kini belum clear and clean.

"Kepastian hukum tersebut mengacu pada RTRWP Kalteng. Walaupun kita gembar gembor bahwa Kalteng terbuka bagi siapapun untuk berinvestasi. Tapi, investor juga punya pertimbangan, kalau titik yang dijadikan wilayah operasional itu terkendala status kawasan, ini akan menjadi masalah," ujarnya, Minggu, 18 Desember 2022.

Oleh karena itu, dirinya mendorong pemerintah agar dapat mengantisipasi hal tersebut dan bisa lebih memaksimalkan potensi serta kualifikasi SDM lokal. Sebab, tanpa adanya dukungan dari pemerintah daerah, dikhawatirkan masyarakat lokal akan kalah bersaing dengan masyarakat atau tenaga kerja yang berasal dari luar Kalteng.

Menurutnya, baik Hardskill maupun Softskill dari masyarakat lokal Kalteng harus ditungkatkan, dibentuk dan dikembangkan dengan baik, maka dengan demikian kedepannya tidak ada alasan bagi investor untuk tidak menerima atau mempekerjakan masyarakat lokal dalam perusahaannya.

"Ini juga jadi salah satu cara pemerintah memberdayakan masyarakat lokal. Kalau SDM lokal kita tidak dibentuk dan dikembangkan, maka yang dipilih yaitu tenaga kerja dari luar. Jika dibiarkan maka ketimpangan di masyarakat akan semakin besar. Hal inilah yang juga harus mendapat perhatian dari pemerintah," tandasnya. (DONNY D/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru