Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peneliti: Kepemimpinan Generasi Muda Diperlukan untuk Perombakan

  • Oleh ANTARA
  • 19 Desember 2022 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengatakan bahwa era baru tongkat estafet kepemimpinan bangsa ada di tangan generasi muda untuk melakukan perombakan cara berpikir.

Hal itu, katanya, lantaran pemilih muda diprediksikan mencapai 60 persen pada Pemilu 2024 mendatang.

“Kalau menurut saya lah ini yang mereka harus speak out. Jadi mereka harus mulai melakukan estafesta gitu, ada perombakan cara berpikir,” kata Siti dalam diskusi bertajuk “Merangkum 2022, Menyambut 2023” dipantau daring di kanal YouTube Survei KedaiKOPI di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan diperlukan kehadiran kepemimpinan digital atau digital leadership oleh generasi muda yang diharapkan mampu meningkatkan literasi masyarakat Indonesia.

“Dengan digital culture-nya, rasional gitu ya, mampu membawa negara ini lebih memiliki literasi, bukan hanya cuma melek politik tapi literasi wawasan,” ujarnya.

Ia menyebut hal itu tak lain karena Indonesia sedang berupaya menggapai Indonesia Emas 2045 sehingga dibutuhkan prakondisi yang berkualitas.

“Kita itu mau berkompetisi dengan negara-negara ASEAN, dengan Asia Pasifik, dengan global,” ucapnya.

Dengan literasi yang dibangun oleh kepemimpinan generasi muda, ia berharap mampu membangkitkan kembali rasa kepemilikan masyarakat terhadap negara dan bangsa Indonesia.

Baby boomer itu sudah lewat lah untuk yang akan datang menurut saya, karena cara berpikirnya masih 'jadul' kan gitu ya, analog banget,” kata Siti.

ANTARA

Berita Terbaru