Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Warga Ikuti Operasi Katarak Gratis di Kuala Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Desember 2022 - 21:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Puluhan pasien atau warga setempat telah mengikuti operasi katarak gratis, bertempat di RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Bakti sosial operasi katarak tersebit dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day), HUT KORPRI, dan HUT Darma Wanita Persatuan Tahun 2022.

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara PERDAMI (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) dan Klinik Mata Tambun Bungai dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas, dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kapuas.

Berdasarkan rekapitulasi data kegiatan dari Medical Record RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas diketahui jumlah pasien yang berhasil melaksanakan operasi katarak berjumlah 52 orang dari hasil skrining 57 orang.

Terdapat beberapa orang yang tidak dapat dilakukan tindakan karena kondisi kesehatan pasien yang tidak memungkinkan atau berisiko.

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dan berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan operasi mata katarak gratis di Kabupaten Kapuas.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan yang baik ini, sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sukses, dan berharap kegiatan tersebut dapat terus berlanjut, sehingga mampu untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," kata Nafiah, Minggu, 18 Desember 2022.

Sebelumnya, dari PERDAMI dihadiri langsung oleh Nila Djuwita F. Moeloek, yang pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia periode 2014 - 2019 yang lalu, dididampingi oleh dokter-dokter spesialis mata dari PERDAMI dan Klinik Mata Tambun Bungai yang bertugas melaksanakan bakti sosial operasi katarak kepada pasien yang telah di skrining kesehatannya sebelum dinyatakan layak diberikan tindakan operasi katarak, melalui beberapa tahapan dan waktu sebelumnya.

Kemudian kegiatan berlanjut dengan penyerahan bingkisan kepada pasien dan keluarganya yang diberikan langsung oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kapuas, Apollonia Septedy, beserta para ibu-ibu DWP anggotanya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru