Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspada DBD, Dinas Kesehatan Sebar Bubuk Abate Cuma-cuma

  • 18 Februari 2016 - 22:35 WIB

Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, menyediakan bubuk abate gratis untuk mencegah perkembangan jentik nyamuk penyebab demam berdarah dengue selama musim hujan.

Kepala Dinas Kesehatan Palangka Raya, Tiur Simatupang mengatakan, Dinkes menyediakan banyak stok bubuk abate di masing-masing puskesmas untuk disalurkan kepada warga secara gratis.

Tiur mengatakan warga dapat meminta bubuk abate tersebut sesuai kebutuhan dan jika persediaan milik masyarakat habis tidak ada larangan bagi mereka untuk meminta abate kembali di puskesmas.

'Warga juga bisa mendapatkan bubuk abate secara gratis di puskemas pembantu (puskestu) atau puskesmas desa (puskesdes). Jika warga tidak mendapatkan di puskesmas, silahkan datang langsung ke kantor dinas kesehatan,' katanya.

Dia mengatakan, puncak perkembanganbiakan nyamuk dengue selaku pembawa virus penyebab DBD tersebut berlangsung hingga akhir musim hujan.

Untuk itu, masyarakat di harapkan meningkatkan upaya pemberantasan sarang nyamuk dengan cara, menguras dan menyikat tempat penampungan air, kemudian menutup rapat-rapat tempat penampungan air.

'Saya meminta kepada pihak puskesmas agar tidak memperjualbelikan bubuk abate kepada masyarakat. Kalau ada yang menemukan abate diperjualbelikan tolong dilaporkan kepada saya,' katanya.

Tiue mengatakan, pihaknya juga mendistribusikan bubuk abate di kecamatan dan kelurahan agar memudahkan warga untuk mendapatkannya.

Lebih lanjut, dia juga meminta masyarakat mewaspadai tanda-tanda awal terjangkitnya DBD. Jika dirasa menncurigakan atau telah sesuai dengan gejala awal segera lakukan pemeriksaan di pusat layanan kesehatan agar jika positif terserang DBD dapat segera dilakukan penanganan yang tepat. (ANT/B-12)

Berita Terbaru