Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bintan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beredar Akun WhatsApp Palsu Pejabat Pemko Palangka Raya, Waspada Penipuan

  • Oleh Hendri
  • 11 Januari 2023 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Modus penipuan dengan menggunakan nama dan foto pejabat semakin marak. Kali ini, nama dan foto Kabid Perdagangan di Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Hadriansyah digunakan orang tidak dikenal untuk membuat akun WhatsApp.

"Sekarang ada akun WhatsApp palsu yang digunakan orang lain pakai foto dan nama saya. Kalau nomor itu meminta sesuatu atau menjanjikan perihal apapun jangan sampai percaya," kata Hadriansyah saat dikonfirmasi, Rabu, 11 Januari 2023.

Pria yang akrab disapa Adaw itu menuturkan, aksi pelaku penipuan menggunakan wajah profil dirinya memang sudah diketahui oleh rekan-rekannya. Bahkan ada beberapa temannya mengkonfirmasi ke dirinya terkait ada nomor baru yang masuk.

"Saya juga mengetahuinya dari teman saya terkait hal ini. Namun terkait hal ini saya tindaklanjuti secepatnya dan memberitahukan ke seluruh teman serta pimpinan saya agar tidak terkena tipu oleh aksi pelaku," ucapnya.

Dalam aksi dugaan penipuan mengatasnamakan Kabid Perdagangan tersebut, sejauh ini tidak ada korban yang tertipu.

Kebanyakan rekan sejawat maupun sanak keluarganya hanya di whatsapp dan tidak ada yang sampai memberikan uang baik melalui transfer serta lain sebagainya.

"Sejauh ini tidak ada korban, karena orang-orang yang kenal saya sudah tahu mana nomor asli saya. Namun tetap saja kita harus waspada, bukan hanya atas nama saya, karena aksi penipuan bisa dilakukan dengan mengatasnamakan pejabat lain juga, jadi harus waspada," pungkasnya. (HENDRI/R)

Berita Terbaru