Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Enam Hektare Lahan Gambut di Lamandau Terbakar

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 22 Januari 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Enam hektare lahan gambut di Desa Batu Kotam, Kecamatan Bulik terbakar. Petugas gabungan dari TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Lamandau berjibaku memadamkan kebakaran tersebut. Selain disemprot dengan air, petugas membuat sekat untuk melokalisir kebakaran.

“Kebakaran di lahan gambut ini sangat sulit dipadamkan, jika tidak dilokalisir, ditakutkan kebakarannya akan semakin meluas,” terang Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono saat dikonfirmasi pada Minggu, 22 Januari 2023.

Sejauh ini, lanjut Kapolres, kebakaran hanya menghanguskan semak belukar di sebuah lahan kosong. Pihaknya mengaku belum mendapat informasi yang valid terkait penyebab kebakaran di lokasi.

“Kita lagi melakukan penyelidikan terhadap pemilik lahannya, sudah ada beberapa warga sekitar dimintai keterangan, nanti kita sampaikan hasilnya,” ungkap Bronto.

Meski api berhasil dipadamkan, kata dia, namun asap masih keluar dari dalam gambut, makanya perlu dilakukan pendinginan dan penyekatan di sekitar lokasi kebakaran agar tidak meluas.

Kapolres menyebutkan, untuk melakukan pemadaman, pihaknya bekerjasama dengan anggota TNI dari Kodim 1017/Lamandau dan BPBD Kabupaten Lamandau. Selain melakukan pemadaman, pihaknya juga mulai intensif melakukan patroli.

“Kita sudah mulai rutin melakukan pemantauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan,” ujarnya.

Untuk lahan yang terbakar, imbuh Kapolres, kurang lebih sekitar enam hektar. Karena lokasinya ada yang masuk Wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Kobar. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru