Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Indonesia Kalteng Dorong Hilirisasi Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Januari 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah atau BI Kalteng Yura Djalins mengatakan, pihaknya mendorong hilirisasi kelapa sawit di Kalteng.

"BI Kalteng mendorong hilirisasi sawit dengan menjadi salah satu narasumber pada Borneo Forum V yang diselenggarakan oleh GAPKI," kata Yura pada Rabu, 25 Januari 2022.

Menurut Yura, dalam kegiatan tersebut BI Kalteng memaparkan kontribusi industri sawit untuk Perekonomian Kalimantan Tengah, pengaruhnya terhadap kredit perbankan, serta tantangan dan peluang yang dihadapi di masa depan.

"Di samping melakukan fungsi advisory kepada stakeholder, BI Kalteng juga mendekat kepada masyarakat melalui Kalteng Berbicara sebagai ajang sosialisasi CBP, QRIS sekaligus Inflasi kepada ASN, masyarakat umum, dan Kalteng," tuturnya.

Hal ini menurut Yura bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap tugas dan peranan Bank Indonesia.

"Masyarakat merespon positif dengan antusiasme bertanya yang sangat baik di tengah isu inflasi yang menghangat, penerbitan uang Tahun Emisi 2022 dan penetrasi QRIS yang semakin masif," tuturnya lagi.

Menurut Yura, salah satu potensi sumber pertumbuhan ekonomi baru Kalteng, lanjut Yura, ialah melalui hilirisasi.

"Sejauh ini, perekonomian Kalimantan Tengah masih bergantung pada brown economy seperti industri kelapa sawit dan batu bara," katanya lagi.

Sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, percepatan hilirisasi batu bara dapat menjadi solusi utama mewujudkan dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Kalimantan yang berkelanjutan di tengah turunnya permintaan batu bara.

"Kalimantan Tengah sudah mulai menerapkan carbon trading sebagai potensi sumber pertumbuhan tanpa harus merusak hutan," katanya lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru