Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Kantor BPBD Katingan Telan Biaya Sekitar Rp3 Miliar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 Januari 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan resmi berpindah dari gedung lama di Jalan Katunen arah Desa Tumbang Liting ke komplek Perkantor Pemerintah Kabupaten Katingan, Kereng Humbang.

Kamis, 26 Januari 2023, Kantor BPBD Katingan yang baru ini diresmikan oleh Bupati Sakariyas.

Kepala Pelaksana BPBD Katingan, Markus mengatakan, pada tahun 2016 hingga 2022, kantor BPBD Katingan bertempat di Jalan Katunen Nomor 71 Kelurahan Kasongan Baru, Kecamatan Katingan Hilir.

Sejak tanggal 16 Januari 2023, pegawai BPBD Katingan mulai beraktivitas dan mendiami gedung kantor baru di Jalan MT Haryono, Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir.

"Kantor BPBD yang baru ini pastinya bebas banjir, dan memiliki luas tanah 1, 5 hektar," kata Kepala Pelaksana BPBD Katingan, Markus.

Pembangunan gedung tersebut, kata Markus, menelan biaya sekitar Rp 3 miliar. "Gedung Kantor BPBD Katingan ini dibangun tahun anggaran 2022 kemarin, dan biaya pembangunannya sebesar kurang lebih Rp 3 miliar," sebut Kalaksa BPBD Katingan, Markus.

Karena masih terbatasnya ruangan, tempat parkir dan gudang, sehingga beberapa sarana dan prasarana masih berapa di kantor lama.

Markus menambahkan, alasan dibangun kantor baru BPBD Katingan, yaitu karena tahun 2021 tanggap darurat banjir, gedung BPBD Katingan lama di Jalan Katunen terkena dampak banjir, sehingga aktivitas dan akses jalan menuju kantor terhambat.

Sehingga di tahun 2021 itu seluruh pegawai, sarana dan prasarana BPBD Katingan nerpindah ke Aula Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah di komplek Perkantor Pemkab Katingan Kereng Humbang yang bebas dari banjir.

"Sampai saat ini BPBD Katingan memiliki 75 pegawai terdiri dari 25 ASN, 13 pegawai harian lepas, dan 37 tim tim reaksi cepat," ujar Markus.

Berita Terbaru