Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nelayan di Desa Sebuai Harapkan Bantuan Perahu dan Alat Penangkap Ikan

  • Oleh Donny Damara
  • 29 Januari 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Jubair Arifin mengungkapkan saat reses di wilayah Kabupaten Kobar beberapa waktu lalu nelayan di Desa Sebuai, Kecamatan Kumai menyampaikan aspirasi terkait harapan adanya bantuan perahu dan alat penangkap ikan dari pemda.

Menurutnya, aspirasi itu perlu untuk ditindak lanjuti atau direalisasi oleh pemda khususnya Provinsi Kalteng melalui instansi terkait dalam upaya mendukung aktivitas para nelayan mecari ikan yang merupakan usaha dari semenjak dahulu digeluti oleh masyarakat.

"Masyarakat nelayan disana meminta adanya bantuan perahu dan alat atau perlengkapan menangkap ikan yang lebih besar dari pemda untuk mendukung aktivitas mereka, karena kendala biaya mereka tidak mampu memenuhi sarana dan prasarana tersebut," tuturnya, Minggu, 29 Januari 2023.

Dia menjelaskan, akibat kekurangan sarana dan prasarana seperti perahu dan perlengkapan penangkap ikan yang memadai, para nelayan di desa tersebut kerap kalah bersaing dengan nelayan dari daerah lain yang turut mengambil sumber daya laut di wilayah pesisir laut Desa Sebuai.

"Informasi yang kita dapatkan dari nelayan. Mereka dari luar daerah memiliki sarana menangkap ikan yang memadai, sehingga mereka kalah bersaing dan penghasilan pun sedikit. Jadi sangat diharapakan pemda dapat merealisasi harapan yang disampaikan itu," ucapnya.

Dirinya menyebut, dengan adanya perahu dan alat penangkap ikan yang memadai maka para nelayan di Desa Sebuai akan mampu bersaing dari nelayan luar daerah, sehingga hal itu juga dapat memberikan dampak positif dari segi penghasilan terutama perekonomian untuk menopang kehidupan keluarga.


"Para nelayan disana itu masih bergantung dengan hasil melaut, apabila pendapatan mereka sedikit maka mempengaruhi perekonomian. Maka dari itu kita mendorong pemda utamanya Pemprov Kalteng untuk bisa memberikan bantuan sarana itu agar dari segi pendapatan nelayan bisa memadai," pungkasnya. (DONNY D/R)

Berita Terbaru